By | 28 Juni 2023

Apakah kamu saat ini sudah menginjak semester tua atau bahkan sebentar lagi lulus dengan menunggu jadwal sidang dan wisuda?

Sebelumnya, kamu harus mempersiapkan sebaik mungkin career path kamu ke depannya. Salah satu hal yang dapat diimplementasikan adalah aktivitas atau kegiatan magang.

Magang tidak boleh disepelekan begitu saja. Karena magang merupakan salah satu wujud kegiatan formal yang sangat menentukan faktor karier kita ke depannya.

Melalui kegiatan magang, seorang calon lulusan maupun lulusan bisa mengenal dunia kerja yang sebenarnya. Lantas, apa saja alasan magang untuk fresh graduate dan potensi pekerjaan apa saja yang mungkin banyak yang membutuhkan anak magang?

Alasan Magang untuk Fresh Graduate

Fresh graduate

Fresh graduate dapat diartikan sebagai kandidat dengan pengalaman minim atau bahkan 0 pengalaman terkait bidang profesional di dunia industri maupun dunia kerja.

Baik itu lulusan SMA / SMK, hingga perguruan tinggi yang belum memperoleh pekerjaan pertamanya bisa dikatakan atau dikategorikan sebagai fresh graduate.

Maka dari itu, butuh pengalaman profesional. Beberapa macam pengalaman profesional, seperti:

  1. Full-time, salah satu karyawan yang bekerja secara penuh untuk perusahaan setiap harinya.
  2. Part-time, salah satu karyawan yang mendedikasikan waktu luang / di sela-sela waktu luang untuk bekerja.
  3. Freelancesalah satu karyawan yang mencoba untuk melakukan kegiatan terkait pekerjaan yang dibayar berdasarkan rules yang berlaku dan bebas bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja dengan sistem yang cenderung deadline.
  4. Seasonal, salah satu karyawan yang dipekerjakan untuk membantu tugas karyawan utama dalam event atau momen penting, seperti contohnya lebaran dan tahun baru.
  5. Internship, salah satu orang yang tidak memiliki akses penuh terhadap suatu perusahaan yang berguna dalam membantu operasional maupun business process perusahaan dalam waktu atau periode tertentu.

Baca juga: Manfaat Magang bagi Mahasiswa, Bisa Jadi Batu Loncatan Juga!

Magang menjadi penting karena sebagai salah satu bagian dari internship dan menjadi bagian dari pengalaman kerja profesional.

Biasanya, kegiatan atau program magang itu sendiri dilaksanakan berdasarkan periode waktu.

Ada yang melaksanakan program magang 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, bahkan hingga 12 bulan alias 1 tahun. Hal ini balik lagi berdasarkan kesepakatan antara perusahaan dengan peserta magang.

Bahkan, magang menjadi penting apabila peserta magang mengerjakan sesuatu dengan baik alias bisa dikatakan perform, bukan tidak mungkin ada potensi untuk diangkat untuk menjadi karyawan.

Hal ini tentu menjadi win-win condition, dengan beberapa alasan sebagai berikut:

  • Perusahaan tidak perlu mengeluarkan banyak timeline maupun effort terkait kebutuhan posisi yang kosong di perusahaannya, bisa langsung diisi oleh peserta magang yang memang berkualitas dan memiliki kapabilitas di bidang yang ditekuni.
  • Peserta magang tidak perlu ribet ini itu, membuat lamaran, curriculum vitae (CV), mencari info lowongan kerja, dan banyak lainnya karena ada prestige di mana peserta magang bisa langsung bekerja dan tentu membahagiakan bagi dirinya maupun keluarganya.

Baca juga: Perusahaan yang Menerima Mahasiswa Magang

Profesi yang Membutuhkan Anak Magang

Host live streaming

Mengetahui alasan magang untuk fresh graduate di atas, bahwasannya ada begitu banyak posisi atau pekerjaan yang terbuka bagi anak magang.

Lantas, apa saja posisi yang notabene membutuhkan bantuan dan tenaga dari anak magang? Berikut ini rinciannya.

  1. Admin. Banyak perusahaan saat ini membutuhkan Admin. Tentunya bukan untuk general, melainkan untuk kebutuhan spesifik seperti Sales Admin, IT Administrator, Admin Support, Admin Marketing, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  2. Graphic Design. Menariknya dari kegiatan desain grafis ini bisa dilakukan di rumah. Perlu keterampilan atau skill yang mumpuni terkait editing foto maupun video. Beberapa jenis pekerjaan yang dibutuhkan seperti Graphic Design, Photo Editor, Video Editor, dan masih banyak lagi lainnya.
  3. Host Live Stream. Siapa sangka jika sekarang ternyata live streaming sudah menjadi kebutuhan. Banyak platform live streaming, seperti di Shopee, TikTok, Instagram, YouTube, dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan, bayarannya terbilang cukup tinggi untuk per jamnya.
  4. Social Media Specialist. Profesi ini tidak boleh disepelekan begitu saja. Karena, ada begitu banyak job description yang bukan hanya mengurusi media sosial seperti membalas komentar. Ada banyak hal yang dilakukan seperti Content Planner, KOL Management, Social Media Officer, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  5. Sales and Marketing. Siapa yang tertarik dengan jualan dan salah satu orang ekstrovert? Kamu harus coba salah satu jalur profesi ini. Kamu bisa menjalin banyak relasi dengan orang-orang terkenal. Bahkan, potensi jenjang karier di divisi ini sangat terbuka lebar dibandingkan dengan profesi yang lain. Karena, menjadi ujung tombak dari suatu perusahaan.

Baca juga: 3 Alasan Magang di Perusahaan Ini Bantu Kamu Lulus Interview Magang!

Akhir Kata

Ada begitu banyak alasan magang untuk fresh graduate yang telah dijelaskan dan dibuktikan di atas.

Yang penting untuk diketahui, bahwasannya jangan berharap banyak terkait magang. Magang bisa jadi dibayar maupun tidak, tergantung dari perusahaan.

Namun, yang terpenting adalah ilmu yang didapat selama magang sangat luar biasa. Sangat berbeda 180 derajat dengan ilmu yang diajarkan di sekolah maupun bangku pendidikan tinggi.

Setelah melihat alasan magang untuk fresh graduate di atas, apakah kamu tertarik untuk melakukan kegiatan magang? Di perusahaan mana kamu menginginkannya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *