By | 27 Maret 2023

Tahukah kamu jika ternyata ada perbedaan CV dan resume yang ternyata masih minim diketahui oleh masyarakat Indonesia, salah satunya para kandidat?

Jika dalam hal istilah saja, “curriculum vitae” dan “resume” sudah berbeda kata. Maka, tentu akan ada begitu banyak perbedaan terkait CV maupun resume tersebut.

Namun, masyarakat Indonesia alias para pencari lowongan kerja (loker) notabene mengetahui terkait masalah CV saja. Untuk resume sendiri, masih banyak yang belum tahu.

Kadang, penggunaan dari CV dan resume itu sendiri juga berbeda tempat. Tapi, balik lagi jika rata-rata perusahaan di Indonesia juga membutuhkan CV bukan dari resume.

Lantas, apa yang menjadi perbedaan CV dan resume itu sendiri? Di mana letak perbedaannya? Apakah berpengaruh juga terhadap potensi dapat diterima dan masuk kerja di suatu perusahaan?

Mengenal CV dan Resume

Pengertian CV dan resume

1. Curriculum Vitae (CV)

CV merupakan singkatan dari Curriculum Vitae (CV) yang menceritakan atau menggambarkan kronologis nan detail mengenai perjalanan hidup maupun karier yang pernah kamu tempuh sebelumnya.

Karena dijelaskan CV itu gambaran rinci, maka konten atau isi yang ditulis di dalam CV harus berisikan hal-hal yang bersifat detail. Hal-hal tersebut dapat berupa:

  • Pengalaman
  • Job-description
  • Kualifikasi
  • Prestasi
  • dan banyak lagi lainnya

Lebih dari itu, nantinya di dalam CV juga seorang kandidat perlu mencantumkan beragam informasi pribadi. Beberapa contohnya seperti tinggi badan, berat badan, status pernikahan, agama, kewarganegaraan, tanggal lahir, hingga foto.

Alangkah baiknya, semua informasi yang dituangkan di dalam CV tersebut memanglah harus tersusun secara benar dan runtut, di mana Rekruter bisa memahami CV secara menyeluruh dan memahami akan perjalanan hidupmu.

Biasanya, CV itu sendiri ditulis dalam 1 hingga 2 lembar halaman kertas dengan menggunakan format A4. Saat ini juga sudah banyak available platform yang menyediakan template CV yang siap unduh dan siap digunakan.

2. Resume

Berbeda dengan CV yang lebih terperinci, resume ini bisa dikatakan sebagai gambaran singkat alias ringkasan mengenai dirimu sendiri sebagai kandidat.

Dari pengertian tersebut, maka dapat dijelaskan jika isi dari resume jauh lebih simple dan fleksibel jika dibandingkan dengan CV.

Di dalam resume ini berisikan informasi diri dan penjelasan singkat mengenai kenapa harus diterima atau direkrut oleh perusahaan yang sedang kamu lamar.

Apabila CV ini berisikan mengenai riwayat kehidupan, maka isi resume juga dapat disesuaikan dengan lowongan kerja yang tersedia yang sedang kamu apply.

Untuk standarisasi dari resume ini sendiri hanya cukup 1 lembar saja dan sudah bisa memuat semuanya secara jelas.

Perbedaan CV dan Resume

CV dan resume

Setelah mengetahui masing-masing detail di antara keduanya, maka kamu perlu tahu mengenai perbedaan CV dan resume secara lebih mendalam.

Biasanya, memang di Indonesia lebih banyak menggunakan CV. Namun, kamu juga harus tahu terkait resume agar tidak bingung dan kelabakan saat nanti dimintai resume oleh perusahaan.

Berikut ini beberapa perbedaannya.

1. Panjang Halaman

Salah satu yang paling utama dan ketera antara perbedaan CV dan resume ialah panjang atau jumlah halaman.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwasannya CV ditulis secara detail, sedangkan resume hanya sekilas atau penjelasan singkat saja.

CV itu sendiri mengenai gambaran detail yang dapat dituliskan hingga 1 ataupun 2 halaman. Dalam beberapa kasus, walaupun jarang bisa sampai 3 halaman.

Sementara itu, untuk resume hanya sebatas 1 halaman saja. Jadi, di dalam resume lebih singkat dan muatan isinya lebih fleksibel.

2. Isi dari Lembaran

Sebenarnya, masing-masing isi dari CV maupun resume itu disesuaikan dengan posisi yang akan kamu lamar.

Biasanya, untuk urutan konten dari CV harus sesuai. Biasanya, format dari CV itu berisikan:

  • Riwayat / profil singkat
  • Pengalaman kerja / magang
  • Pendidikan
  • Projek
  • Sertifikasi / kursus / pelatihan
  • Pengalaman organisasi / volunteer

Sementara itu, untuk urutan isi dari resume dapat disesuaikan dengan singkat, padat, dan jelas, sehingga lebih relevan dengan posisi yang dilamar.

3. Tujuan Penggunaan

Perbedaan CV dan resume yang terakhir setelah panjang halaman dan isi dari konten ialah tujuan penggunaan.

Yang menariknya dari CV ini selain digunakan untuk mendaftar kerja, ternyata juga bisa digunakan untuk kepentingan beasiswa, magang, hingga pendidikan ke jenjang yang selanjutnya.

Informasi yang lengkap dan lebih relevan di dalam CV nantinya akan sedikit membantu Rekruter dalam memberikan gambaran maupun pertimbangan secara ke depannya.

Sementara itu, resume memang pada dasarnya lebih ke arah kepentingan melamar pekerjaan saja.

Baca juga: Tips Mencari Kerja Terbaru Tahun 2023

Akhir Kata

Jadi, bagaimana, sudah paham dengan perbedaan CV dan resume secara lebih mendalam dan powerful? Tentunya, untuk bisa lulus screening dari kriteria yang ditentukan perusahaan, kamu juga harus tahu skill bagaimana cara membuat CV maupun resume yang benar.

Ada begitu banyak platform, website, hingga aplikasi yang dapat digunakan untuk kebutuhan pembuatan dari CV maupun resume.

Sebagai bahan pertimbangan agar tidak buang-buang waktu, biasanya untuk penggunaan di Indonesia lebih banyak yang menggunakan CV ketimbang resume.

Jadi, nanti siapkan CV sebaik mungkin dan sesuai dengan apa yang ada di requirement maupun kebutuhan perusahaan atas posisi tersebut, untuk bisa 1 langkah lebih baik agar dapat diterima di perusahaan yang kamu inginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *