By | 19 April 2023

Interview HRD (Human Resources Development) dan Interview User menjadi 2 tahap dalam kegiatan seleksi karyawan pada sebuah perusahaan yang memiliki perbedaan dalam fokus, tujuan, dan metodenya.

Interview HRD sendiri biasanya dilakukan oleh tim HRD perusahaan dan bertujuan untuk menilai kualifikasi, kecocokan budaya perusahaan, dan keterampilan interpersonal dari calon / kandidat karyawan.

Sementara itu, Interview User biasanya dilakukan oleh pihak  atasan langsung calon karyawan yang memiliki tujuan untuk menilai kemampuan teknis, keterampilan kerja praktis, hingga keterampilan komunikasinya.

Bagi kamu sebagai kandidat, sangat penting dalam memahami perbedaan antara Interview HRD dan Interview User, karena keduanya memiliki karakteristik dan penilaian yang berbeda. Lantas, apa perbedaan interview HRD dan interview user dalam seleksi penerimaan karyawan?

Interview HRD

Interview HRD

1. Pengertian

Interview HRD (Human Resources Development) adalah suatu tahapan atau proses kegiatan seleksi karyawan di suatu perusahaan yang dilakukan oleh tim HRD atau bagian SDM (Sumber Daya Manusia).

Dari kegiatan interview HRD bertujuan untuk menilai kualifikasi, kepribadian, kecocokan budaya perusahaan, serta keterampilan interpersonal calon karyawan.

Beberapa pertanyaan dalam interview HRD, seperti:

  • Pengalaman kerja sebelumnya
    • Apa saja job-desc yang dilakukan di perusahaan sebelumnya?
    • Apa pencapaian yang telah diraih di perusahaan sebelumnya?
  • Latar belakang pendidikan
    • Apa prestasi akademik maupun non-akademik yang pernah diraih?
    • Apa saja sertifikasi atau kualifikasi yang dimiliki untuk mendukung di pekerjaan nanti?
  • Motivasi untuk bergabung dengan perusahaan yang dituju
    • Apa yang membuat kamu tertarik bergabung di perusahaan kami?
    • Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan kami?

2. Fungsi

  1. Menilai kualifikasi dan kompetensi dari seorang calon karyawan berdasarkan dari CV, pengalaman kerja, dan pendidikan sebelumnya.
  2. Mengevaluasi kecocokan budaya perusahaan dengan nilai-nilai maupun norma perusahaan.
  3. Menggali informasi secara lebih lanjut tentang kepribadian, motivasi, hingga keterampilan interpersonal calon karyawan.
  4. Menyampaikan informasi tentang perusahaan, kebijakan perusahaan, dan benefit yang mungkin dapat ditawarkan kepada calon karyawan.
  5. Memberikan gambaran awal mengenai suatu perusahaan dan job-desc yang akan dilakukan kepada calon karyawan.

3. Tips saat Interview HRD

  1. Mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin, termasuk memahami mengenai profil perusahaan, posisi yang dilamar, dan kualifikasi yang dibutuhkan.
  2. Jaga di setiap penampilan dan sikap yang terkesan lebih profesional.
  3. Jawab pertanyaan dengan jujur dan jikalau bisa cobalah untuk berikan contoh konkret dari pengalaman kerja sebelumnya yang relevan.
  4. Beri pertanyaan yang sekiranya relevan tentang perusahaan dan pekerjaan.
  5. Sampaikan minat dan motivasi Anda untuk bergabung dengan perusahaan.

Baca juga: 3 Perbedaan CV dan Resume yang Wajib Kamu Ketahui

Interview User

Interview User

1. Pengertian

Berbeda dengan interview HRD, interview user menjadi tahap dalam proses seleksi calon karyawan di suatu perusahaan di mana calon karyawan akan diwawancarai oleh calon atasan langsung dalam perusahaan tersebut.

Interview User bisa dikatakan sebagai salah satu proses dengan memiliki peran yang krusial dalam proses seleksi karyawan karena bertujuan untuk mengukur kemampuan teknis, keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman kerja calon karyawan dalam bidang yang bisa dikatakan lebih spesifik.

Beberapa pertanyaan dalam interview user, seperti:

  • Bagaimana cara kamu menghadapi situasi sulit?
  • Apa yang akan kamu lakukan jika dihadapkan dengan tugas maupun pekerjaan dengan deadline yang mepet?
  • Apa rencana kamu dalam 3 hingga 5 tahun ke depan?

2. Fungsi

  1. Sebagai tolok ukur kesesuaian antara kualifikasi calon karyawan dengan kebutuhan pekerjaan yang akan diemban.
  2. Mengukur kemampuan secara teknis, keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman kerja dari calon karyawan dalam bidang yang jauh lebih spesifik.
  3. Mengidentifikasi calon kandidat yang paling cocok untuk dapat diterima dan bisa berkontribusi secara efektif dalam tim atau departemen yang nantinya akan bekerja sama secara langsung dengan mereka.

3. Tips saat Interview User

  1. Persiapkan sebaik mungkin dan sematang mungkin terkait pertanyaan yang relevan dengan tugas pekerjaan yang akan diemban.
  2. Bersikap tenang dan tetap berpikir kritis saat dihadapkan dengan pertanyaan yang sudah semakin detail terkait pekerjaan, karena ada yang mengecoh.
  3. Pelajari job-desc agar tidak kagok saat mendeskripsikan fungsi dan jabatan nantinya di perusahaan.

Baca juga: Simak 5 Tips Interview Kerja agar Diterima

Akhir Kata

Dari perbedaan interview HRD dan interview user di atas sudah sangat jelas mengenai fungsi dan tips untuk melakukannya masing-masing.

Interview HRD dilakukan oleh tim HRD perusahaan dan bertujuan untuk menggali informasi lebih lanjut tentang latar belakang, pengalaman, dan kualifikasi calon karyawan. Sementara itu, interview user dilakukan oleh calon atasan langsung dan bertujuan untuk menguji kemampuan teknis calon karyawan.

Dalam menghadapi kedua macam interview ini, penting bagi calon karyawan maupun kandidat dalam melakukan persiapan yang benar-benar matang, berpakaian profesional, tampil percaya diri, dan kemampuan dalam memberikan jawaban yang jujur dan relevan.

Semua hal tersebut akan sangat membantu menaikkan rasio peluang kamu agar dapat diterima dan bergabung dengan perusahaan yang kamu lamar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *